Menyambut kahadiran Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan (SIAK) Kabupaten Mimika (Bagian I)


Fred WakumDimuat di Harian RADAR TIMIKA, 17 Nov 2009

Dalam Rangka menyediakan data kependudukan yang lengkap dan akurat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika berencana dalam bulan November ini mulai membangun jaringan Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan (SIAK)

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Pemukiman (Dispencil dan Pemikiman) Evert Safuf yang didampingi Kepala seksi Pengembangan Informasi Kependudukan yang juga sebagai Panitia Pelaksana Tehnis Kegiatan (PPTK), Amirullah, kepada Harian ini (Radar Timika, Senin 02 Nov 2009 )

Sebagai warga Timika, kita perlu memberikan apresiasi positif dan dukungan yang tinggi terhadap rencana dan langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Pemukiman (Dispencil dan Pemikiman) yang akan merealisasikan Jaringan Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan (SIAK) di negeri Amungsa ini

Karena jika sampai SIAK ini sampai terbentuk, maka : Pertama,.Kabupaten Mimika akan memiliki Database Kependudukan terpusat yang sewaktu-waktu dapat di Integrasikan secara Nasional sebagai bagian dari program Kependudukan Nasional

Kedua, Dengan memiliki Database Kependudukan, maka dapat diintegrasikan untuk kepentingan lain seperti : Statistik, Pajak, Imigrasi, dll

Ketiga, Dengan memiliki Sistem SIAK terintegrasi di RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Pendaftaran Penduduk, Catatan Sipil, maka mobilisai penduduk dari satu-tempat ke tempat lainnya dapat teridentifikasi dengan baik

Keempat, Dengan adanya SIAK di Kabupaten Mimika, maka kabupaten ini telah mengacu kepada Standarisasi Nasional, yang mencakup : (a). No. Pengenal Tunggal (NIK) (b).Blangko Standar Nasional (KK, KTP, Buku, Register, Akta Catatan Sipil) (c). Formulir-formulir Standar Nasional (termasuk kodefikasinya)

Disamping itu dengan adanya SIAK di Kab Mimika , maka kesemarutan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap(DPT) yang terjadi pada PILKADA, PILGUB, PILPRES dan PEMILU di Timika dapat ditekan.

Bukan hanya itu, dengan tersedianya data kependudukan Kab Mimika yang lengkap dan akurat, maka Pemerintah daerah dapat mengunakan informasi tersebut untuk merencanakan Pembangunan Kabupaten Mimika secara tepat dan terpadu

Maka tidak berkelebihan jika dikatakan bahwa SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, adalah suatu sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur-prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan untuk menata sistem administrasi kependudukan sehingga tercapai tertib administrasi di bidang kependudukan. Administrasi kependudukan meliputi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil dalam rangka mewujudkan database kependudukan nasional

Oleh karena itu dalam mengaplikasikan SIAK, setidak-tidaknya ada beberapa unsur yang berperan aktif didalamnya, antara lain :

(a).Tehnologi Informasi, yaitu bagaimana merencanakan dan memilih Perangkat Lunak (Software) perangkat Keras (Komputer) dan membangun jaringan (Network) yang terintegrasi dalam mengelola Administrasi kependudukan di Kabupaten Mimika

(b).SDM (Sumber Daya Manusia) yang mampu mengelola dan merawat semua peralatan tersebut di (setiap) Distrik dan Kabupaten Mimika, agar data selalu update dan perawatan (maintenance) peralatan berjalan dengan teratur dan sempurna, sehingga selalu dalam kondisi yang prima dalam melayani masyarakat.

(c).PEMDA sebagai penanggung jawab roda pemerintahan di Kabupaten Mimika, diharapkan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kehadiran SIAK dan mampu memanfaatkannya secara optimal dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Mimika

(d). PENDUDUK Mimika sebagai obyek yang akan didata, sebaiknya diberikan pemahaman yang menyeluruh tentang mafaat yang terkandung dalam kehadiaran SIAK ( Sistem Informasi Kependudukan) sehingga ikut melancarkan

Pada dasarnya sistem administrasi kependudukan merupakan sub sistem dari sistem Administrasi Negara, yang mempunyai peranan penting dalam pemerintahan dan pembangunan penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Adalah Hak asasi setiap orang untuk mendapatkan pelayanan di bidang administrasi kependudukan, peningkatan kesadaran penduduk dan kewajibannya untuk berperan serta dalam pelaksanaan administrasi kependudukan, pemenuhan data statistik kependudukan dan statistic peristiwa kependudukan, dukungan terhadap perencanaan pembangunan sistem administrasi kependudukan guna meningkatkan pemberian pelayanan publik tanpa diskriminasi.

Sejalan dengan arah penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Mimika melalui SIAK, maka pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sebagai sub-sub sistem pilar dari administrasi kependudukan perlu ditata dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan manfaat dalam perbaikan pemerintahan dan pembangunan.

Pengelolaan pendaftaran penduduk merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten Mimika, dimana dalam pelaksanaanya diawali dari kampung hingga Distrik selaku ujung tombak pendaftaran penduduk. Dan yang harus diingat adalah, dalam pelayanan tersebut perlu dilakukan dengan benar dan cepat agar penduduk merasa mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Kemajuan teknologi yang sangat cepat dewasa ini mengharuskan setiap instansi pemerintah di kabupaten Mimika untuk mengikuti perkembangan teknologi, dimana suatu instansi membutuhkan suatu sistem informasi yang mendukung kebutuhan instansi pemerintah dalam menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja maupun dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan suatu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, maka pengolahan data akan lebih mudah dan efisien. Kita bisa mengolah data-data yang bersangkutan dengan pengurusan kependudukan di suatu daerah dimana Upaya tersebut, merupakan tugas negara atau pemerintah sebagai pelayan publik, dan menjadi urusan wajib yang tidak dapat ditawar-tawar dengan dalih apapun.

Untuk itu, dalam kaitannya dengan rencana Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Pemukiman (Dispencil dan Pemikiman) Kabupaten Mimika yang akan memulai pembangunan jaringan Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan (SIAK) dalam bulan November ini, maka yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah faktor-faktor strategis apa yang harus ditata dan disiapkan agar SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) kabupaten Mimika dapat berfungsi dan efektif dengan baik ?

(Penulis, adalah Koordinator Kompartemen Pendidikan & Politik LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Mimika, Artikel ini dapat dilihat di Blog saya http://www.fredwakum.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: