MENCERMATI DPS PILPRES KABUPATEN MIMIKA


Oleh : FREDRIK WAKUM

Seandainya KPU Kabupaten Mimika mengikuti dengan konsekwen jadwal Tahapan Pilpres yang dikeluarkan oleh KPU, maka pada 11 Mei – 17 Mei 2009 mendatang masyarakat Mimika sudah dapat membaca Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilpres yang di tempelkan setiap kantor PPS, kantor Desa/Lurah, RW dan RT di kabupaten Mimika dan kemudian memberikan tanggapan balik, apakah namanya sudah tercantum dalam DPS atau tidak.

Hal ini sejalan dengan Pasal 13 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2009 Tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Untuk Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2009 yang berbunyi : PPS mengumumkan DPS PPWP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) selama 7 (tujuh) hari di tempat yang mudah dijangkau masyarakat antara lain pada kantor PPS atau kantor Kepala Desa/Lurah atau kantor RW atau balai desa, dan/atau balai pertemuan lainnya, untuk mendapat masukan dan tanggapan dari masyarakat.

Dengan demikian, jika ada warga yang memiliki hak pilih namun namanya tidak tercantum / terdaftar dalam DPS diminta segera menghubungi pihak panitia pemilihan setempat (PPS) pada kelurahan tempatnya berdomisili untuk mencacatnya, kemudian berdasarkan tanggapan tersebut, KPU akan mengadakan perbaikan DPS

Pasal 14 ayat (1) Peraturan KPU No 14 Thn 2009 Yang berbunyi : Masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap pengumuman DPS PPWP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13, disampaikan secara tertulis atau lisan oleh masyarakat terhadap isi DPS PPWP, yaitu berupa keterangan/penjelasan bahwa pemilih dst…

Sehingga Komisi Pemillihan Umum (KPU) meminta kepada warga yang berhak memilih untuk mencermati daftar pemilih sementra (DPS) Pemilihan presiden (Pilpres) yang diumumkan 11 Mei 2009.

“Kepada seluruh warga diminta untuk mengecek langsung DPS Pilpres hingga ke rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) setempat setelah diumumkan nanti,” kata Anggota KPU Endang Sulastri, di Jakarta Selasa. sebagaimana dikutip kantor berita Nasional (Antara 05/Mei/09 )

Sekedar diketahui bahwa KPU telah mengeluarkan jadwal Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Presiden sbb : Tanggal 10 April – 10 Mei Pemutakhiran data pemilih sementara (DPS) Pilpres. Tanggal 11 Mei – 17 Mei Pengumuman DPS dan Tanggapan Masyarakat Tanggal. 11 Mei – 17 Mei Perbaikan DPS Hasil Tanggapan Masyarakat oleh PPS. Tanggal 18 Mei – 24 Mei Penetapan DPT dan Rekapitulasi oleh KPU Kab/Kota. Tanggal 25 Mei – 27 Mei Rekapitulasi DPT di KPU Provinsi . Tanggal 28 Mei – 31 Mei Penetapan DPT Tingkat Nasional

Penting

Mengapa Daftar Pemilih Sementara (DPS) penting untuk dicermati oleh masyarakat dan para fungsionaris partai yang akan mengusung para capres – cawapresnya yang akan bertarung pada tanggal 8 Juli .mendatang ? Karena :

Pertama, Bahwa Pemilu Legislatif yang baru saja digelar pada 9 April 2009 lalu, telah diwarnai dengan pelanggaran hak pilih warga negara secara massif, karena jutaan orang yang tidak termasuk dalam DPT dan tidak terbilang jumlah warga yang dipaksakan untuk menjadi golongan putih alias golput karena nama mereka tidak tercantum sebagai pemilih, sehingga DPR menyatakan bahwa pemilu kali ini adalah Pemilu paling ‘amburadul’ sepanjang sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Kedua, Sejumlah lembaga survei yang melakukan penghitungan cepat hasil pemilu legislatif memperkirakan sedikitnya 40% warga yang mempunyai hak pilih karena telah berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah harus gigit jari. Mereka tidak bisa menggunakan hak pilih karena nama mereka tidak tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT). Oleh sebab itu tidak berkelebihan dikatakan bahwa ‘pemenang” Pemilu Legislatif 2009 – bukan Partai Demokrat, melainkan GOLPUT yang mencapai 40 % !!

Ketiga, Keteledoran administrasi pendaftaran pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat sampai ke daerah – daerah, sadar atau tidak sadar, telah melanggar hak setiap warga untuk ikut menentukan arah perjalanan negara lima tahun ke depan. Padahal dalam Pasal 260 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD secara gamblang menyebutkan bahwa : setiap orang yang sengaja menyebabkan hilangnya hak pilih seseorang dipidana penjara 12-24 bulan dan denda sebesar Rp 12 juta-Rp 24 juta.

Keempat, Pelanggaran atas hak pilih itu sesungguhnya tergolong sebuah kejahatan berat. Sebagai bangsa yang beradab, pelanggaran atas hak warga itu harus diakhiri, apalagi kalau di dalamnya terselubung kehendak untuk menguntungkan pihak tertentu. Cara menghentikannya adalah mengembalikan hak pilih warga yang telah ‘terabaikan’ dalam pemilihan presiden (pilpres) yang digelar pada 8 Juli 2009 mendatang

Kelima, DPT pemilu legislatif otomatis menjadi daftar pemilih sementara (DPS) pilpres. DPS itu berjumlah 171.265.442 orang, termasuk di dalamnya pemilih siluman seperti pemilih ganda, orang yang sudah meninggal, orang gila, anak di bawah umur, dan anggota TNI-Polri.

Keenam, KPU dan stakeholder di Timika yang terlibat dalam Pilpres mendatang seharusnya aktif ‘menjemput bola’ untuk mendata pemilih dalam pemilu presiden jangan hanya bersandar pada alasan klasik : Uang, Waktu dan Tenaga yang terbatas, sehingga hanya mengencarkan imbauan agar masyarakat yang mendaftar ulang, padahal secara nasional anggaran untuk 2009 sudah ditambah menjadi Rp 43 triliun.

Empat cara

Maka untuk menjaring warga masyarakat Mimika yang berhak memilih agar terdaftar pada Daftar Pemilih Sementra (DPS), setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan secara simultan untuk pemutakhiran data pemilih. antara lain :

Pertama, KPU harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memeriksa kembali apakah nama mereka sudah tercantum sebagai pemilih. Karena itu, daftar pemilih sementara harus ditempel di berbagai tempat umum yang mudah dijangkau masyarakat.

Kedua, KPU harus melibatkan PPS, rukun tetangga, dan rukun warga, lurah dan kepala desa dalam pemutakhiran data pemilih. Kesalahan utama dalam pemutakhiran data pemilih pemilu legislatif adalah KPU bekerja di balik meja dan tidak mempunyai kemauan memperbaiki DPT meski diprotes secara luas.

Ketiga, partai politik pengusung calon presiden juga harus aktif memeriksa daftar pemilih. Jangan melancarkan protes setelah KPU menetapkan DPT sebab DPT hanya ditetapkan sekali.

Keempat, sesuai dengan ketentuan undang-undang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta perangkatnya di daerah harus aktif mengawasi pemutakhiran data pemilih. Bawaslu tidak boleh lagi cuci tangan jika terjadi karut-marut penyusunan daftar pemilih. Ingat, anggota Bawaslu diangkat dan digaji negara antara lain untuk mengawasi pemutakhiran data pemilih. Jangan hanya makan gaji buta.

Milik Negara

Perbaikan DPT pilpres harus berbasiskan penghormatan terhadap setiap hak warga untuk memilih. Hanya negara yang menjunjung tinggi hak warganya yang boleh disebut sebagai bangsa beradab. Oleh sebab itu DP4, DPS, dan DPT yang merupakan dokumen publik seharusnya bisa diketahui masyarakat dan dijaga keberadaannya.

Sehingga semua data yang akan diupdate sebagai DPT ( Daftar pemilih Tetap) untuk Pilpres hendaknya disimpan dalam bentuk ‘softcopy’ maupun ‘hardcopy’ sebagai inventaris milik negara yang dapat dipergunakan sewaktu – waktu pada Pilgub, Pilkda hingga Pemilu dan Pilpres berikut lagi, dengan update data yang cukup simple.

Bukankah kita selalu menginginkan rakyat selalu terlibat dan berpartisipasi langsung Pada setiap hajatan Nasional setiap 5 tahun ? Semoga

Penulis adalah Koordinator Kompartemen Pendidikan & Politik LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Mimika. (Website : https://fredwakum.wordpress.com/) & FaceBook

2 Tanggapan

  1. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Gak Jelas?😐

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    • Bung… banyak faktor yang mendukung kenaikan Goput secara signifikan, salah satunya adalah kwalitas SDM KPU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: