BOAZ SALOSSA DINAKSIR CLUB EROPA


Oleh : Fred Wakum

Boaz Salosa

Boaz Salosa

Ketika semua Klub sepakbola Indonesia, mulai dari Liga Super Indonesia (LSI) , Liga primer Indonesia hingga Devisi I PSSI ramai-ramai mengimpor pemain asing dari Eropa, Amerika Lati, Afrika dan Asia untuk memperkuat klubnya di kancah persepakbolaan tanah air.

Muncul berita menyegarkan dari Radio Netherland bahwa Ruud J.C. Voll, promotor sepakbola Indonesia – Belanda sedang memfasilitasi pendekatan striker Persipura Jayapura Boaz Salosa dengan klub liga utama Belanda, VVV Venlo, sebagaimana dilansir radio Netherland dalam website resminya http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/

Untuk maksud tersebut, VVV Venlo saat ini sedang mempelajari track record dan video Boaz Salossa dalam Liga Super Indonesia (LSI). Termasuk penampilan Boaz Solossa yang membuat mata dunia terbuka, ketika menerobos sisi kiri pertahanan timnas Uruguay yang berintikan para pemain Piala Dunia dan mengelabuhi kiper Juan Castilo, 16 Oktober 2010 yang lalu.

Promotor

Menurut promotor Ruud J.C. Voll, Boaz punya kwalitas yang bisa mengangkat VVV Venlo dari zona degradasi. “Boaz memiliki instink killer dan pemberani untuk masuk defensi lawan dan mencetak gol. Saya rasa VVV saat ini membutuhkan goal getter seperti Boaz,” ungkapnya kepada Radio Nederlanda, RNW.

Bahkan Sang promotor yakin Boaz bisa bernasib seperti Keisuke Honda atau Nordin Amrabat. Honda datang ke VVV 2008 sebagai pemain biasa dan setahun kemudian direkrut CSKA Moskow sebagai bintang. “VVV mendapatkan Honda dengan harga tidak sampai sejuta euro, dan klub Venlo ini menerima 9 juta euro untuk melepasnya ke Moskow. Lihat saja sendiri hasilnya sampai sekarang.” ungkap Ruud J.C. Voll kepada RNW.

Sama halnya dengan Nordin Amrabat yang datang ke VVV di bawah asuhan André Wetzel sebagai pemain yang bengal, tapi berkembang menjadi bintang yang akhirnya dipinang PSV dengan badrol berlipat ganda. Kemudian Amrabat pindah ke Kayserispor Turki.

Bahkan Ia yakin jika, Timnas Uruguay saja dapat dibobol oleh Boaz Salossa, maka Boaz akan berbuat banyak di Liga Belanda

Ruud Voll juga yakin Boaz bisa menguntungkan VVV secara prestasi maupun secara kenaikan harganya. “Saya tidak heran kalau Boaz bisa loncat dari Venlo ke Ajax Amsterdam atau bahkan ke liga Spanyol.”

Pertama.

Jika sampai Klub devisi utama Belanda VVV Venlo terpikat setelah menyaksikan sepak terjang video Boaz Salossa dalam liga Indonesia maupun saat berhadapan dengan timnas Uruguay Piala Dunia dan mau mengundang untuk mengikuti test kemudian menerimanya, maka ini merupakan hal yang baru pertama kali terjadi di persepakbolaan Indonesia, dimana seorang pemain sepakbola Indonesia ditransfer langsung untuk bermain di klub devisi utama Belanda yang juga menjadi kiblat persepakbolaan Eropah maupun dunia.

Memang, kita tidak menyangkal bahwa banyak juga pemain Indonesia yang telah dan sedang bermain di Eropah. Tapi patut di ingat, mereka bukan Warga Negara Indonesia (WNI), hanya warga keturunan Indonesia, mereka lahir dan besar diluar negri atau salah satu orang tuanya adalah warga negara asing. Sedangkan Boaz Salossa adalah seorang WNI yang lahir, besar dan berkarir di sepakbola Indonesia, khususnya Persipura Jayapura. Itu yang membedakannya.

Hikmah

Hikmah terpenting yang dapat di petik bila Boaz Salossa benar-benar bermain di Liga utama Belanda adalah : bahwa Sesugguhnya mutiara-mutiara hitam di tanah Papua bertaburan dimana-mana, sayangnya masih belum terasah hingga “mengkilap” karena pembinaan Sepakbola yang tidak sistimatis, juga sekolah-sekolah atau akademi sepakbola masih merupakan barang yang mewah yang langkah.

Di tingkat Pemerintahan provinsi Papua, belum adanya upaya yang serius untuk membangun “Hubungan Antar Provinsi” dengan provinsi negara-negara pesepak bola seperti seperti Belanda atau Amerika Latin (Brasil), sehingga memberikan peluang yang lebih besar bagi pengembangan sepakbola di tanah Papua dengan transfer ilmu sepakbola, sehingga tidak terus bergantung dari Program pengembangan sepakbola yang dibuat PSSI.

PSSI sebaiknya memberikan support yang positif dalam melapangkan jalan bagi setiap pesepak-bola Indonesia yang berprestasi untuk berlaga di ajang bergengsi di Eropa, sebagai hasil pengkaderan dari sebuah liga yang sedang berlangsung di Indonesia, tidak mematikan karir seorang pesepakbola dengan berbagai alasan yang terkesan dibuat buat.

Tuduhan miring

Masih segar dalam ingatan kita ketika Boaz Salossa di coret pelatih Alfred Riedl dari Timnas Indonesia pada ajang AFF yang baru lalu dengan tuduhan indisipliner, karena tidak hadir sewaktu dipanggil untuk memperkuat Timnas sehingga dianggap tidak layak.

Dan ketika Boaz dicoret dari Timnas, para jurnalis dan pengamat sepakbolapun mulai meragukan Nasionalisme Indonesia, entah munngkin karena Boaz berasal dari Papua ?

Tidak apa Boaz, penulis setuju dengan yang di tulis oleh Radio Netherland : “kalau di negeri sendiri kwalitasmu dinilai tidak memadai untuk timnas, lebih baik mencari pengakuan di luar saja”. ( Dihimpun dari berbagai sumber)

About these ads

51 Tanggapan

  1. saya setuju jika boas bermain di eropa, karena menurut saya sangat ironi jika pemain sekelas boas tetap di liga tarkam indonesia. perkembangan sepak bola yang dicampur dengan unsur politik tidak akan membina garuda-garuda muda, justru malah akan merusak persepakbolaan di indonesia.
    oleh karena itu, saya harap boas untuk berkarir di liga yang sebenarnya. kalau bisa seluruh pemain di indonesia ikut berkarir di eropa jua.

    • Bung Faiz yg baik, saya sependapat dengan Anda, yg menjadi masalah adalah kita berdua berada diluar sistem. Mudah-mudahan rencananya terkabul, bukakah jika Boaz bisa merumpu di LN menjadi kebanggaan kita bersama ?? salam hangat dari Timika bung..

      • setuju dgn apa yg di sampaikan,,, alx sepak bola di negeri kta ini hanya utk gol tertentu yg pux byk kpentingan pribadi merusak sportifitas yg sesungguhnya,, harapan aku boas mau main di klub eropa yg mana bs menunjukan bhw indonesia BISA,,

    • iya emang bagus cuma janga maen paksa begitu to

    • Setuju boas main di luar negri apalagi klub2 di Eropa. Bukan maslah layak atau tidak tapi paling tidak bisa belajar banyak hal di klub eropa. Bisa belajar mulai Mulai dari mental, semangat juang, kedisiplinan bahkan juga rasa nasionalis. Pemain di eropa sangat disiplin dan punya rasa nasionalis yg tinggi. Yg sangat berbeda dgn pemain indonesia. Baru punya kelebihan sedikir sdh minta diistimewakan dan banyak ulah ples pada saat tenaganya diperlukan dia angkat kaki meninggalkan timnas.

  2. saya sudah terkesan dg penampilan boaz saat lawan Vietnam di Tiger Cup dulu, ketika vietnam kalah 0-3. Dan saya rasa Boaz mending ke luar negeri saja daripada maen di liga yg ga bermutu. Tp sepertinya dia ga bisa jauh dr papua

    • BETUL… bung, saya sependapat dengan anda. mengenai Boaz Jauh dari papua itu hanya masalah waktu dan keinginan untuk membuktikan bahwa pelatih PSSI salah… Bravo Sepakbola

  3. Boas sudah dicoret dari timnas, Tibo sudah dicoret, okto sudah dicoret,. David lally dan Engelbertus dah mau di coret juga,,,
    Apakah papua tidak layak untuk membentuk timnas sendiri,,,,…..????
    west papuan international foodball club {wpifc}
    bukan bentuk untuk sekedar main2….
    mari kita jadi satu pantu untuk membawa nama wpifc di mata dunia persepak bolaan….kenapa hidup dalam penjajahan nasib kebebasan di tutup terus. free west papua

    • Kawan Tabuni yg Baik, Membentuk TIMNAS PApua untuk negara papua itu merupakan sesuatu yang ” masih akan datang” namun akan pasti itu ada dengan sendirinya.

      Yang ada saat ini adalah bagaimana “mengimport /memproduksi” pesepakbola Papua dengan talenta-talenta /berbakat Alam dari Bumi Papua tapi telah disia-siakan oleh Pemerintah Indonesia ( baca : PSSI) atas nama :”INDISPLINER” namun yang terjadi adalah PEMBUNUHAN KARAKTER dan praktek RASISME (perbedaan warna kulit) telah terjadi didalam PSSI, maka saya setuju dengan cara BOIKOT PSSI dengan cara INDISIPLINER juga. Salam.

      • Persipura jayapura bermain jauh lebih baik dari Timnas Indonesia. itu adalah fakta! Percayalah bahwa lima tahun yang akan datang timnas Indonesai dikuasai oleh anak-anak Papua.

    • saya setuju dengan komentar-komentar dari saudara-saudaraku pemerhati sepakbola indonesia. Saya yakin seandainya banyak-banyak pemain dari Papua yang masuk timnas maka pasti prestasi sepakbola Indonesia akan terangkat. Tapi bagaimana….kalau ada pemain Papua di Timnas, hanya masalah kecil langsung dicoret. Mengapa harus ada naturalisasi? naturalisasi selama ini hasilnya nol besar. seandainya semua pemain Persipura masuk timnas maka pasti Ok…tapi kita sudah taulah bagaimana dengan Indonesia yang selalu dipenuhi dengan permainan-permainan kotor.

      • Calvin yg baik,
        Di PSSI terdapat banyak kepentingan. PSSI bukan lagi sebuah lembaga SEPAKBOLA tapi sudah jadi lembaga POLITIK, oleh sebab itu akan berimbas ke semua segi kehidupan persepakbolaan di Tanah Air. Lihat saja Pergantian Pengurus PSSI yang sangat Ruwet, padahal peraturan FIFA sangat jelas. Oleh sebab itu induk organisasi sepak bola Indonesia yaitu PSSI yg mesti dikembalikan fungsinya, setelah itu kontak Pelatih yg bonafid selama beberapa tahun dan biarkan dia yang memilih pemain. Jika dalam pilihan tersebut, ada pemain Papua yang terpilih maka kita bersukur… karena mereka akan membuktikan kwalitasnya sebagai wakil Indonesia.

      • 100% Setuju

        Saya yakin seandainya banyak-banyak pemain dari Papua yang masuk timnas maka pasti prestasi sepakbola Indonesia akan terangkat

  4. boaz sangat jgo di persipura dan titus bonay ayo boaz semangat dengan latihan mu

    • mewakili Boaz & Tibo, saya ucapkan terima kasih atas simpati dan emaptinya. Mudah-mudahan mereka membaca ini. Salam

  5. Wah hebat tuh Boaz Salossa kalau bisa main di Eropa.

  6. saya slalu mendukungmu.maju terus boaz.mudah2an kmu bsa main d mu.aminnnnnnnnnnnnn

  7. go boaz.you are my inspire

  8. Hello,

    I’m Dutch, can someone translate this to English? Is he transfering to VVV?

    Thank you.

    • Thanks for visiting my Balog, please use Google translate to your purposes.

      Boas Salosa still in Club PERSIPURA Jayapura – Papua – Indonesia. I think Club VVV not yet contact for ask him. Boas is a captain for PERSIPURA Club and he have high skill for soccer and TOP SCORE for Indonesia Super Legue. Please leave massage in here if you want to search information about Boas, your are from VVV Holland ?

      • Mr. Wakum, If u need translator or interpreter, maybe we can work 2gether (better than using google translate, hehehehe……..)
        Best regards from Timika – Papua.
        Wish all the best 4 our brother Boaz.
        GBU.

  9. Boas itu pemain yang hebat pantas saja ia diincar banyak club termasuk belanda coba ia terlahir bukan di indonesia ia pasti sudah menjadi pemain manchester united.

  10. Untuk pssi jangan matikan bakat bumi papua saya rasa persipura lawan timnas indonesia saja timnas kalah asalkan timnas tanpa pemain bumi papua. papua banyak memberikan kontribusi yang sangat penting . coba bayangkan kalau saja bukan boas yang bermain lawan uruguay pasti indonesia lebih malu lagi kalah 7-0

    • Sebaiknya Boaz Lebih Memilih Bermain Di Eropa Ketimbang Di Indonesia,,,… Bermain Di Eropa Lebih Baik Dari Pada Di Indonesia, Karna Boaz Bisa Belajar Dan Bersaing Dengan Pemain-Pemain Bintang Eropa Dan Pemain Piala Dunia,,,… Sebaiknya Untuk Pemain-Pemain Indonesia Yang Lainnya, Mendapat Tawaran Bermain Di Liga EROPA, sebaiknya Jangan Di Tolak Kesempatan Ithu,,,… Karna Biasanya Kesempathan Itu Hanya Datang Sekali Sajjha,,…

  11. begitu banyak pemain indonesia hanya boas dn okto yg sya kgumi.mju terus boas n okto,gue pengn klian bawa indonsia ke pents piala dunia.mju terus pntng mundur…

  12. good boaz. . .qu tunggu namamu di deretan pemain terbaik dunia. . .

    • Kaka Boas Salosa harus bermain di negeri kirciangin Nederlands krn Kaka Bos sdh pantas bermain di liga eropa untuk menangkat Nama Papua di Internasional dan khusus Tim Mutiara Hitam dan Kemudia salah Okto Maniani harus bermain keluar Negeri by Yohan Mamori Timika Papua……………..

  13. itulah keragaman masyarakat kita,yang masih banyak dan dapat kita banggakan,tidak hanya olypiade ilmu pengetahuan toh olh raga kita juga kalau dipromosikan banyak yang tertarik,baggalah dengan masyarkat kita sendiri g perlu org asing!sebagai bukti bahwa kita mampu bersaing dengan mereka!tp 1 kelemahan negara kita mudah yaitu orangnya mudah puas dengan hasil yg didapat sekarang sehingga mentalnya turun egonya yang naik bukan prestasinya,semoga boas menjadi contoh buat kita semua amien…………………

  14. bro hidup itu pilihan biar lah boas sendiri yg tentukan saya yakin dia tahu mana yang terbaik untuk ny……….i love indonesia bersatu tuk boas.salampesi sy bangga kalian putra terbaik bangsa andai saja saya bisa seperti kalian sukses selalu…..uong kito galo.

  15. memang BOAZ PEMAIN HEBAt,dan masih banyak pemain pemain dari papua yg hebat hebat,dan banyak juga pemain2 dari lain daerah yg berserakan diseluruh nusantara,(bustomi,nasuha,ricardo salempassy,m.ilham,zulkifli,firman,bambang pamungkas,tibo,dll),mereka juga layak main dipentas negara asing(Belanda,inggris,italy,Spanyol)hanya kelemahan yg paling menyolok dari pemain kita adalah masalah STAMINA yg pas pasan.kalau latihannya secara benar dengan gizi yg cukup,saya yakin pemain kita tidak kalah dengan pemain2 asing.apalagi para pemain dari PAPUA yg sudah mempunyai dasar phisik yg kuat.salut buat para pemain dari PAPUA.saya yakin tidak ada RASIS dinegeri ini.

    • ko epen ka boas salosa lebi hebat bambam pamungkas suda berat karena papua adalah gudang nya bola kakai biar ko tau itu`

  16. kawan apa penting kalian beramai ramai meneriakan free west papua?
    tela’ah lebih jauh kalimat itu saudara ku, banyak yg diperhitungkan diditu, lihat timor timur..
    masih banyak hal yg harus dipikirkan , diselesaikan, dan di perbaiki dibanding kalian berteriak lantang untuk free wet papua
    *bangsa yg besar adalah bangsa yg menghormati jasa pahlawannya

  17. kk boas maju terus biarin aorng bicara tentang kk yng penting kakak tunjujkan kakak bisa. majuterus lo bngsa sendri tidak menghargai prestasi kakak psti papua menghargai dan negara lain. saya dao u kk paya main di MU.

  18. apa yang terpikir di benak pssi trsebut,! msalah boas di coret oleh timnas karena mslah ‘INDISPLINER’, apakah PSSI sdah tidak mempunyai rasa nasionalisme di bumi sepakbola tanah air ini, ataukah rasa rasisme atau budaya yang membedakan di benak PSSI!
    ayolah berilah kesempatan utk pemain2 yang mempunyai kwalitas atau talenta sepakbola yang sangat mumpuni yang akhirnya nanti bisa mengharumkan bangsa ini di dunia spakbola….!
    dengan di gantinya ketum PSSi yang baru ini smoga bisa berpikir lebih baik lagi utk persepakbolaan tanah air di kanca internasional….!!!
    GBU INDONESIA…!

  19. Saya bukan orang Papua, tapi saya setuju dengan pendapat saudara-saudara yang ada di Papua, Pemanggilan skuad timnas harus yang layak, walaupun dalam tim itu diisi oleh semua orang papua. Bukankah Papua juga Indonesia..
    Malah yang berkualitas di coret.. Negara yang aneh..

  20. Kita INDONESIA
    jadi Kita harus Bersatu,,..,,,..

  21. lebih baik Papua dan Maluku juga Manado dan NTT, gabung saja ke Australia. saya yakin, Australia bisa jadi Finalis Piala Dunia berikutnya kalo ada talenta-talenta Papua dan Maluku di dalamnya… Bravo Papua..!!! ;lebih baik ikut sepakbola Tarkam daripada ikut kompetisinya Indonesia..

  22. salam …

    Saya bukan orang papua, tapi saya sangat sangat setuju jika jika timnas indonesia d dominasi oleh pemain dari papua karena pemain-pemain dari papua memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan pemain-pemain dari daerah lain,,,,
    dan saya juga sangat heran mengapa indonesia tidak tau memilih pemain yang bagus, mengapa indonesia taunya hanya mencoret pemain berkualitas

    yang lebih aneh pengurus PSSI lebih mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan kepentingan persepakbolaan tanah air.

    untuk boaz salossa saya mendoakanmu supaya kamu bisa bermain di liga eropa JBU…

  23. meri,on 5 september 2011
    Boas memang hebat sebenarnya yang mewakili indonesia kepra piala dunia persipura sudah dibuktikan ko saat mwlawan super ster indonesia di stadion mandala jayapura mandala jadi saksi dan seluruh indonesia akui mau apa lagi

  24. Hanya 1 Kalimat BOAZ IS THE BEST!!

  25. ayo boaz teruslah pertahankan prestasimu

  26. saya setuju sekali kalau boaz ikut ke club eropa
    karna dia mempunyai kelebihan dari pada pemain pemain
    di indonesia meskipun ia mempunyai kaki yang patah
    tapi tendanganya cukup akurat
    gak papa boz……………

  27. Boaz Salossa…q bangga punya kau..Boaz GOOD LUCK

  28. Setuju, bangsa ini bangsa yang aneh, yg berkualitas tdk dipakai, klo pemain timnas tdk dirubah sampai kapan pin indonesia tdk akan masuk piala dunia jangan mimpi

  29. ngomong bola jagang ngelantur kemana22, Ingat sejarah ato minimal baca sejarah biar kita ngomong gak ngelantur, boleh salahkan oknum tapi jangan salahkan bangsa yang telah kita nikmati hasilnya….
    no rasisme…..
    dan hidup boazz…. dari fans semen padang

  30. hanya ada satu kalimat….. boas the ligth indonesia…..

  31. Ayo Boas kamu pasti bosa bawa nama bangsa di kanca dunia untuk sepak bola Indonesia.Okkkkkkkkkkkkkkk

  32. ayooooo indonesiaaa

  33. ketika tertentu semua akan indah pada saat’nya….

  34. boaz adalah inspirasiku,

  35. betapa bangganya kita kalau BOAZ jadi main di Eropa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.