ENAM TAHUN RADAR TIMIKA MENGAWAL PEMBANGUNAN MIMIKA


ENAM TAHUN RADAR TIMIKA MENGAWAL PEMBANGUNAN MIMIKA
Oleh : Fredrik Wakum

(juara 2 Lomba Artikel HUT Radar Timika)

Hari ini 14 Mei 2007,  bertepatan dengan HUT Radar Timika yang ke 6, suatu usia yang relatif belia bagi sebuah koran, jika dibandingan dengan hasil yang telah dicapai selama berkarya di Timika. 

Bila kita Ibaratkan seorang anak, maka saat ini anak yang bernama Radar Timika mulai masuk Sekolah  Dasar dan duduk di kelas 1 (satu).  Tentu saja dengan usia yang begitu belia, “si – anak”  masih banyak membutuhkan perhatian masyarakat sekeliling, termasuk “orang tuanya”, guna membimbing dan mengarahkannya  sehingga tumbuh dewasa dan kuat, dengan terus mengasah kepribadian berdasarkan pengalaman dalam menghadapi persaingan informasi sehingga mampu berkompetisi di era globalisasi yang penuh tantangan saat ini.

Walaupun dalam usia yang relatif belia, namun dalam kurun waktu  enam tahun berkiprah dan berkarya di Bumi Amungsa ini, Radar Timika telah membuktikan kehadirannya, tumbuh, berkembang dan mampu menempatkan diri sebagai suatu “kebutuhan” dalam kehidupan masyarakat Mimika yang majemuk

Dikatakan suatu “kebutuhan”, karena setiap orang yang membutuhkan informasi terbaru mengenai Timika sepertinya tidak akan lengkap dan mendetail sebelum membaca Radar Timika. Sehingga tidaklah berkelebihan jika dikatakan bahwa Harian Radar Timika telah menjelma menjadi  sebuah kekuatan tersendiri dalam mengawal pembangunan di kabupaten Mimika dengan memainkan peranan :

Pertama, Sebagai sarana / media  informasi, dengan membuka keterisolasian informasi, sehingga masyarakat Mimika dari waktu ke waktu  dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam lingkup Lokal/Daerah, Regional, Nasional hingga Internasional. Sehingga tidak berkelebihan jika kita katakan bahwa Radar Timika merupakan “garda” terdepan untuk mendobrak keterisolasian informasi di Timika sekaligus menjadi media transformasi dalam membuka wawasan berpikir masyarakat Mimika.

Kedua, Sebagai media kontrol yang efektif bagi Pemerintah daerah juga masyarakat di Kabupaten Mimika, dengan menyodorkan berita-berita yang proporsional dan professional mengenai segala pembangunan, ketimpangan maupun kelebihan di daerah ini, sehingga dari informasi tersebut pemerintah maupun masyarakat dapat meresponsnya secara positif.

Ketiga, Sebagai Mediator sekaligus Partner Pemerintah dan Masyarakat  dalam penyampaian informasi. Keempat, Sebagai Sarana Edukasi / pembelajaran bagi masyarakat

HIV / AIDS

Salah satu komitmen Radar Timika yang patut di acungi jempol   adalah : rasa tanggung jawabnya untuk terus menyadarkan dan mengedukasi masyarakat Mimika secara teratur dan bekelajutan, terhadap bahaya dan penyebaran HIV/AIDS yang saat ini melanda Timika dan terus menunjukkan kenaikan jumlah penderita HIV /AIDS yang signifikan, sehingga secara nasional kasus ini telah digolongkan  Kejadian Luar Biasa (KLB)

Di koran  ini, hampir tiada hari tanpa pemberitaan HIV/AIDS. Kesemuanya dimaksudkan agar masyarakat dan Pemerintah Daerah Mimika, selalu waspada dan menyadari bahwa bahaya HIV/AIDS yang sedang melanda Mimika, sehingga semua unsur terkait harus selalu bahu – membahu menyadarkan masyarakat tentang bahaya tersebut.

Perayaan hari HIV / AIDS sedunia 1 Desember 2006 lalu menjadi saksi keterlibatan “total” Harian Radar Timika dalam ikut mensukseskan perayaan tersebut, disamping Panitia dan berbagai pihak  lainnya yang telah bekerja keras pada waktu itu. 

Radar Timika Online

Setelah 6 tahun  Radar Timika berkiprah, sudah saatnya memikirkan untuk segera meluncurkan versi Radar Timika Online sebagai jawaban atas kebutuhan informasi lokal Mimika yang selalu menarik perhatian banyak pihak yang berada diluar Mimika, yang selalu ingin mengetahui perkembangan terakhir yang sedang terjadi.

Disamping itu perlu  pula untuk memotivasi dan merangsang keterlibatan Pemuda Mimika dalam bidang jurnalisme, dengan membuat semacam Seminar atau Pelatihan – Pelatihan bekelanjutan mengenai jurnalisme, sehingga kaum muda Mimika dapat mengkritisi  masalah – masalah sosial yang berada disekitarnya dengan penuh tanggung jawab serta menuangkannya secara terstruktur (dalam bentuk artikel atau makalah) agar masyarakat dapat memahaminya.

Begitu pula dengan “expansi” ke kota – kota di Papua yang mempunyai route transportasi udara secara teratur perlu pula untuk dipertimbangkan, sehingga Radar Timika secara kontinyu dapat mengunjungi pelanggannya setiap hari.

Semuanya ini sepenuhnya tergantung pada seluruh komponen pengelola (baca: manajemen) Radar Timika yang sudah tentu dilandasi dengan berbagai pertimbangan yang telah dikaji berdasarkan skala prioritas untuk membuat koran ini sebagai satu satunya koran yang tetap exis di Timika

Penutup

Sebagai penutup, kita semua berharap bahwa Radar Timika  akan semakin bertumbuh sebagai koran terkemuka di Tanah Amungsa .dan  berdiri pada deretan paling depan untuk mengungkapkan fakta dan kenyataan yang terjadi di negeri Amungsa ini berdasarkan kebenaran, serta berani mengatakan “Ya” pada yang baik dan “Tidak” pada yang jelek dan merugikan.

Dengan demikian, baik pemerintah Daerah maupun masyarakat Mimika akan selalu belajar untuk berintrospeksi diri berdasarkan fakta dan kenyataan yang diungkapkan, guna bersama – sama menata kehidupan yang harmonis dan serasi dalam pembangunan yang sedang giat dilaksanakan di Mimika.

Memang, fakta dan kenyataan mengenai suatu  kebenaran selalu “pahit” bila diungkapkan, dan selalu membutuhkan    keberanian extra bila ingin mengungkapkannya, tapi itulah tantangan terbesar  Radar Timika sebagai koran terkemuka didaerah ini. Selamat HUT  & Bravo Radar Timika.

16 Tanggapan

  1. trus mana tulisan yng juara 1 bang…????

    • Bung Octho, Saya hanya memasukkan Artikel saya yang kebetulan juara 2 waktu itu. Artikel yang juara 1 tidak ada pada saya, mungkin ada di arsip Radar Timika, bisa dihubungi di email : ‘Radar_Tmk@yahoo.com’ atau websitenya : http://www.radartimika.com/. Terima kasih

  2. Bung Fred, saya banyak mengikuti dan membaca berbagai tulisan anda di media.. cukup berbobot, kreatif, penuh dengan ide-ide segar.
    Maju terus bung…. Anda memiliki peluang yang kuat dan berbakat untuk menjadi penulis yang baik.
    Terima kasih, salam….

    • Bung Adri yang baik,

      Terima kasih atas support dan tanggapannya.
      Salam Hormat kambali

  3. Salam kenal Pak Fred,

    Sy Didik Triwibowo, saat ini tinggal di Banjarbaru, Kalsel.

    Sy setuju dg motto pak fred, “menulis berarti berpikir kreatif”, sy juga senang menulis dan mengirimkannya ke koran di kota saya, Radar Banjarmasin, Kalsel.

    Mudah2an dg perkenalan ini, Pak Fred bs sharing pengetahuan&pengalaman dg saya.

    Regards
    Didik

    • Salam Kenal juga bung Didik,

      Saya senang karena mendapat seorang teman yang se-”hoby”, mudah-mudahan kita bisa terus kontak untuk sharing informasi, karena saya juga masih perlu dan banyak belajar lagi. Sekali lagi salam kenal

      • Terima kasih Pak Fred atas responnya…
        Untuk lebih enaknya mohon berkenan korespondensi via email sy: didik.triwibowo@uqconnect.edu.au.

        Mudah2n suatu saat sy berkesempatan berkunjung ke Timika yg indah…

        Didik

  4. Salam kenal bang Fred….sy kerja sbg PNS kab. Mimika skrg tugas di distrik agimuga, sy slalu mengikuti tulisan2 bang fred di radar Timika…yg menerut sy tulisan2 abang sangat kritis….kreatif,….dan cukup banyak memberikan masukan2,kontribusi dlm bentuk pemikiran2 bg pelaksanaan pembangunan daerah kab.mimika. ke depan sy berharap para pejabat,maupun unsur2 penyelenggaraan pemerintahan pem kab mimika ntix bs meyerap,…dan mengaplikansikan,….tulisan2 abang yg membangun dlm proses penyelenggaraan pembangunan di timika. smoga abang tetap eksis slalu dlm tulisan2 abang berikutx. salam.

    • Salam Kenal Juga Bung Lodi,
      Saya kerja di Swasta dan tinggal di Timika. Yah masih belum menulis lagi beberapa waktu ini, karena sedang mengerjakan website gereja, kalau mau lihat di http://semuaumat.com
      Salam
      Fred

  5. Bang Fred luar biasa,….pemikiran abang banyak membantu perkembangan kota timika sampai saat ini,….bang kl boleh tau alamatx di timika jln mn? kl ada waktu sy pengen shering pendapat,…sm abang, maksih abang,… salam.?

    • Alamat saya di Timika di Jln KH Dewantara, bisa juga hubungi saya di Fred Wakum@yahoo.com

  6. Salam kenal bang fred,..pemikiran anda banyak membantu perkembangan pembangunan kab. Mimika,…maju trus bang…oya alamat Timika di mana y?

    • Jln KH Dewantara, Timika

      • Terima kasih Bang Fred atas infonya,…ya mudah-mudahan nanti sy bs main ke abang utk sekedar berbagi pengalaman,shering pemikiran dlm membangun Khususnya Kab. Mimika dan UmumnyaProv. Papua ke depan. sukses slalu bang Fred…salam

  7. Selamat pagi bung, sudah lama sekali kita tidak ketemu.

    Masih di Jalan KH Dewantara ?

    • Bung Adri, terima kasih sdh mampir ke blog sederhana ini, saya masih tinggal di Jl. KH Dewantara Timika

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.